You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kampung Candi Rejo
Kampung Candi Rejo

Kec. Way Pangubuan, Kab. Lampung Tengah, Provinsi Lampung

Selamat Datang di Website Resmi Kampung Candi Rejo Kecamatan Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah Provinsi Lampung || Hubungi Kami di WhatsApp 085368895217 / 085269501629

REMBUK STUNTING KAMPUNG CANDI REJO TAHUN 2024

Administrator 15 Juli 2024 Dibaca 46 Kali
REMBUK STUNTING KAMPUNG CANDI REJO TAHUN 2024

Pada hari Senin, 15 Juli 2024 telah terlaksana kegiatan Rembukan Stunting Kampung Candi Rejo Tahun 2024 di Balai Desa Candi Rejo Melalui Konverensi Pencegahan Stunting Kita Wujudkan Sumber Daya Manusia Yang Ungguk Menuju Indonesia Maju. Acara ini diadakan oleh kampung Candi Rejo, dan pematerinya adalah bapak Indra dan bidan Puskesmas Candi Rejo.

Definisi stunting sendiri mengalami perubahan. Menurut WHO (2015), stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar. Bapak Indra menyampaikan tentang penyebab stunting ada banyak faktor seperti faktor sosio-ekonomi (kemiskinan), pendidikan dan pengetahuan yang rendah mengenai praktik pemberian makan untuk bayi dan batita (kecukupan ASI), peranan protein hewani dalam MPASI, penelantaran, pengaruh budaya, Ketersediaan bahan makanan setempat, penyakit jantung bawaan, alergi susu sapi, bayi berat badan lahir sangat rendah, kelainan metabolisme bawaan, dan infeksi kronik yang disebabkan kebersihan personal dan lingkungan yang buruk (diare kronis) dan penyakit-penyakit yang dapat dicegah oleh imunisasi (Tuberculosis / TBC, difteri, pertussis, dan campak).

Stunting dapat dicegah dengan cara pada remaja putri dapat dilakukan skrining anemia dan konsumsi tablet tambah darah, pada saat kehamilan disarankan untuk rutin memeriksakan kondisi kehamilan ke dokter. Perlu juga memenuhi asupan nutrisi yang baik selama kehamilan. Dengan makanan sehat dan juga asupan mineral seperti zat besi, asam folat, dan yodium harus tercukupi, untuk anak balita dapat menerapkan Inisiasi Menyusui Dini (IMD), imunisasi, ASI esklusif, dan pemantauan tumbuh kembang a weight faltering, lalu dapat menerapkan gaya hidup bersih dan sehat.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image